Pencelup, Pemasok Pasta Indigo Jawa, Sumatra, Kalimantan


Saiful Nurudin, lahir di Semarang pada tanggal 2 Maret 1988, merupakan pasangan dari Bapak Muhamad Muhdi dan Ibu Nur Asonah.


Sekitar tahun 2006 desanya, Gemawang mendapat pelatihan membatik dengan pewarna alami dan membuat pasta indigo dari Yayasan Losari.


Banyak warga Gemawang yang mengikuti pelatihan tersebut.pelatihan di lakukan secara bertahap hingga beberapa kali. Desa Gemawang menjadi desa batik. Saat itu batik yang berkembang menggunakan pewarna sintetis, kebanyakan warga kurang tertarik dengan menggunakan pewarna alami karena cenderung sulit dan hasilnya kurang baik.


Ada beberapa warga yang tertarik dengan pewarna alami, salah satunya adalah ayah Saiful Nurudin yaitu Bapak Muhamad Muhdi. Beliau sangat tertarik dengan indigo. Awal mulanya beliau membuat indigo dengan mencari tanaman indigo liar di perkebunan milik pemerintah (sekarang sudah berganti karet). Ketika tanaman indigo di perkebunan milik pemerintah habis akhirnya beliau membudidayakannya.

Pada tahun 2010 beliau menanam indigo sangat banyak, dan saking banyaknya sampai tidak bisa dijual.

Awal mula Saiful Nurudin terjun di bidang indigo tujuannya hanya ingin membantu menjualkan indigo milik ayahnya (ketika itu dia bekerja diluar kota Semarang dan berhenti bekerja). Dengan cara berkeliling Yogya dan sekitarnya untuk menjual indigo. Saat itu dia belum mengetahui cara memakai indigo, suatu ketika dia bertemu pengrajin batik yang dia tawari indigo. Kemudian beliau berkata kepadanya "Sampean Jual Barang Tapi Tidak Tahu Cara Menggunakanya.?" sejak saat itu dia mulai belajar tentang indigo, Belajar membuat, belajar mewarnai dan belajar budidaya.


Pada saat itu indigo belum banyak diminati seperti sekarang ini,sehingga mau tidak mau cara untuk mengembangkannya dengan cara belajar sendiri (otodidak). Belajar dengan percobaan demi percobaan, menemui kegagalan dan kekecewaan. Disitulah dia merasa tertantang untuk mengembangkannya. Pada tahun yang sama dia mengajak kakaknya untuk membatik, dan belajar bersama dengannya .

Sejak saat itu dia mendirikan "Iful Batik Warna Alam,” tepatnya pada 2 september 2010. Pada bulan Maret 2016 mendatang Iful Batik Warna Alam akan berubah nama menjadi "Tinctori Natural Dye.”


Saiful Nurudin sangat menyukai pewarna alami. Pewarna alami sangat unik,hasilnya walaupun prosesnya sangatlah sulit. Selain itu, pasar yang terbuka luas dan terus tumbuh serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan turut melestarikan warisan budaya.


Saiful Nurudin

+6281327138835

Dusun Jlamprang Wetan Rt 03/06

Gemawang Jambu – Ambarawa

Semarang


#pastaindigo #pasta #indigo #sumatra #jawa #kalimantan #kain #batik #susimohamad #indonesia

Featured Posts
Posts are coming soon
Stay tuned...
Recent Posts
Archive
No tags yet.
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square